Resep Oseng Kangkung Kerang Masak Bumbu Tauco

oseng kangkung bumbu tauco

Terimakasih telah mampir ke blog Biangjajan, untuk postingan pertama saya membagikan resep oseng-oseng kangkung andalan ala Biang. Menu ini adalah menu favorit suami saya, kalau Pak Biang dimasakin ini pasti semangkuk besar dia habiskan sendirian.

Seneng dong ya kalau suami makannya lahap dan memuji masakan kita. Memanjakan suami dengan makanan enak itu harapannya biar uang bulanan dan jatah jajan lancar kek air keran😅. Yuk kita simak sama-sama cara pembuatannya.

Bahan-bahan  Oseng Kangkung


cara buat kerang beku

- Kerang beku 1 cup 
- 2 ikat kangkung
- Cabai merah besar 2 buah
- Cabai ijo 3 buah
- Rawit merah sesuai selera, saya pakai 4 buah saja
- Bawang Merah 5 buah
- Bawang putih 3 buah
- Tomat 1 buah
- Tauco 2 sendok makan
- Kecap ikan 1 sendok teh
- Garam
- Gula
- Penyedap
- Sereh 1 buah
- 1 ruas laja/laos geprek
- 1 sendok makan kecap manis
- Minyak goreng

Persiapan Memasak 


- Saya biasa beli kerang segar di pasar ikan, kemudian kerang dibersihkan dan rebus bersama jahe geprek dan daun salam sekitar 5-10 menit dalam api mendidih. Angkat kemudian pisahkan kerang dan cangkangnya. Diamkan sampai dingin baru setelah itu masukan dalam freezer. 


- Rajang tipis bamer dan baput, potong serong semua cabai dan tomat. Geprek laja dan sereh.

- Potong-potong kangkung kemudian cuci bersih dan tiriskan.

Cara Memasak Oseng Kangkung Kerang Masak Bumbu Tauco


tauco medan

- Panaskan wajan, beri 3 sendok makan minyak. Masukan bamer dan baput goreng sampai wangi dan berubah warna, lanjut masukan kerang masak hingga kerang melunak. Lanjut dengan masukan kangkung, sereh, laos, cabai dan tomat, tambahkan air sedikit. Tutup wajan sebentar, sampai kangkung layu.

- Setelah layu bumbui dengan tauco, kecap ikan, gula, penyedap dan kecap manis. Harap dicatat gunakan garam sedikit saja, karena biasanya bumbu tauco sudah cukup asin, jadi saya biasa tambahkan garam diakhir. Kalau kangkung dirasa sudah cukup terasa asin dari tauco dan kecap ikan, saya tidak akan menambahkan garam. Kalau kurang asin, bisa ditambahkan garam sedikit.

- Cicipi masakan, jika rasanya sudah pas dan kangkung sudah matang masakan siap dihidangkan.

Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment

Instagram